Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) BERBASIS VIDEO YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA ISLAM AL ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author WARDATUL, JAMILAH
dc.date.accessioned 2023-10-09T02:25:39Z
dc.date.available 2023-10-09T02:25:39Z
dc.date.issued 2023-09-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21484
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbasis video YouTube terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan yang terdiri dari kelas X MIA 1, X MIA 2, dan X IIS yang berjumlah 89 siswa dengan kelas eksperimen yaitu kelas X MIA 2 yang berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas X IIS yang berjumlah 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain postest only control design dengan instrumen tes esai. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata nilai sebesar 88 yang berada pada kategori sangat baik dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbasis Video YouTube dengan rincian siswa memperoleh nilai 80-100 sebanyak 24 orang (80%), dan yang siswa memperoleh nilai 66-79 sebanyak 6 orang (20%) oleh siswa kelas eksperimen. Nilai rata-rata sebesar 65,48 berada pada kategori baik yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbasis video YouTube dengan rincian nilai 80-100 sebanyak 3 orang (9,6%), nilai 66-79 sebanyak 14 orang (45,1%), siswa yang memperoleh nilai 56-65 sebanyak 8 orang (25,8%), dan siswa yang memperolah nilai 40-55 sebanyak 6 orang (19,35%) oleh siswa kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 6,272 selanjutnya harga 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 ini dibandingkan dengan taraf signifikan Ξ±= 5 % dengan Db= 𝑛1 + 𝑛2 -2 = 59 maka diperoleh 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,671. Demikian dapat diketahui 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 6,272 > 1,671 maka 𝐻𝑎 diterima dengan hipotesis ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbasis video YouTube terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan tahun pembelajaran 2022/2023. en_US
dc.subject Model Pembelajaran SAVI en_US
dc.subject YouTube en_US
dc.subject Menulis Puisi en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) BERBASIS VIDEO YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA ISLAM AL ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account