Abstract:
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran
syariah Bank wakaf Mikro Pesantren Mawaridussalam dalam upaya menarik
minat nasabah. Informan pada penelitian adalah Ketua Pengurus, Supervisor, dan
Manajer Operasional. Metode penelitian yang digunakan dengan melakukan
pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
Pembahasan yang digunakan pada penlitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil
dari penelitian ini menujukkan bahwa pada pelaksanaan strategi pemasaran
syariah pada Bank Wakaf Mikro Pesantren Mawaridussalam dengan mealakukan
cara memilih calon kriteria nasabah, perempuan beragama muslim yang berhijab
serta sudah menikah, berkelakuan bauk, memiliki usaha, dan dengan melakukan
strategi pendekatan dengan para ustadzh, kepala desa, serta ibu-ibu pengajian
guna untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat dan pelaku usaha tentang apa itu
Bank Wakaf Mikro. Adapun faktor kendala dan penghambat dalam proses
pelasaknaan, calon nasabah masih mementingkan diri sendiri, kurangnya rasa
kepedulian, terutama saat pada saat melakukan sosialisasi.