Research Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR MENULIS CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER LITERASI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 11

Show simple item record

dc.contributor.author RETNI, TRI LESTARI
dc.date.accessioned 2023-09-22T03:21:31Z
dc.date.available 2023-09-22T03:21:31Z
dc.date.issued 2023-08-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21444
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar menulis cerpen melalui pembelajaran ekstrakurikuler literasi. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas VA SD Muhammadiyah 11 yang berjumlah 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan hasil belajar menulis cerpen. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil perolehan data dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dengan persentase 44,82% dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dengan persentase 82,75%. Karena secara persentase telah mencapai 82,75% siswa yang berhasil maka penelitian ini dikatakan berhasil. en_US
dc.subject Cerpen en_US
dc.subject Ekstrakurikuler en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR MENULIS CERPEN MELALUI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER LITERASI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 11 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account