dc.description.abstract |
Komunikasi persuasif adalah proses penyampaian pesan kepada komunikan, yang
tujuannya untuk mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku orang lain, baik secara
verbal maupun nonverbal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana
strategi komunikasi persuasif yang di terapkan kedai kopi sansan dalam menarik
minat pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yakni suatu
bentuk penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran umum dari berbagai
data lapangan yang dikumpulkan secara objektif dengan tipe deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumetasi.
Teknik analisis data yang peneliti lakukan menggunakan versi Miles dan Huberman
(1992:15). Meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Informan dalam penelitian ini adalah Zizi Siregar selaku barista sekaligus owner
kedai kopi san san. Adapun hasil dari penelitian ini merupakan strategi komunikasi
persuasif yang di lakukan barista kedai kopi san san efektif dalam menarik minat
pelanggan. Terdapat tiga komponen dalam penerapan strategi komunikasi persuasif
kedai kopi san san, yakni strategi psikodinamika dalam strategi ini secara nyata
ditunjukan dengan tindakan barista melakukan proses persuasi kepada pelanggan
melalui aspek psikologis pelanggan, dimana barista membangun hubungan yang
hangat melalui komunikasi yang intens. Sosiokultural, aspek ini digunakan barista
dalam melakukan proses persuasi melalui faktor lingkungan atau faktor eksternal
dimana barista memanfaatkan hubungan pertemanan agar turut serta menyebarkan
informasi berupa edukasi dan rekomendasi kepada seluruh pelanggan. The meaning
construction, aspek ini barista melakukan persuasi pada pelanggan dengan
memanipulasi suatu makna dengan tujuan memudahkan pelanggan dalam
memahami pesan yang di sampaikan berupa edukasi seputar pengetahuan di
industri kopi. |
en_US |