dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa
sebelum dan sesudah adanya penerapan Active Learning pada mata pelajaran
Aqidah di MTS Daarul Ulum Medan dan Untuk mengetahui pengaruh penerapan
Active Learning terhadap minat siswa kelas 8 pada mata pelajaran Aqidah di MTS
Daarul Ulum Medan.. Jenis penelitian ini adalah. Metode penelitian yang
digunakan adalah quasi-experiment. Teknik pengumpulan data yang digunakan
peneliti adalah penyebaran angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis
data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji
hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian yang
didapatkan adalah Berdasarkan dari perhitungan yang telah dilakukan
sebelumnya, bahwa nilai korelasi yang didapat adalah = 0,613 dan nilai sig (2-
tailed) 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Nilai
signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang
signifikan antara variabel bebas (active learning) dengan variabel terikat (minat
belajar). Sedangkan thitung sebesar 15,794 > (lebih besar) dari nilai ttabel sebesar
2,04, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap
variabel Y artinya Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang
signifikan antara penggunaan active learning terhadap minat belajar siswa di MTS
Darul Ulum Medan khsunya pada mata pelajaran Akidah. |
en_US |