Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam
meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar dan kolase di
TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Objek dari penelitian ini yaitu guru dan juga kepala sekolah yang
ada di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Medan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam peneitian ini adalah observasi, wawancara, dan juga
dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil
kesimpulann yang didapat bahwa, strategi yang dilakukan guru di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal 17 Medan dalam meningkatkan motorik halus anak melalui
kegiatan menggambar dan kolase yaitu dengan cara menjelaskan terlebih
dahulu kegiatan apa yang akan dikerjakan dan bagaimana cara pengerjaanya.
Dan guru memberikan arahan secara perlahan serta memberikan contoh
kegiatan menggambar dan kolase untuk memudahkan anak dalam mengerjakan
kegiatan yang telah diberikan.