Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran collaborative learning terhadap pemecahan masalah siswa. Siswa
diberikan tes untuk melihat bagaimana hasil pemecahan masalah matematika
siswa. Respon dan aktifitas siswa terhadap pembelajaran. Kemudian peneliti
mendeskripsikan hasil tesebut dalam analisis data. Metode yang digunakan
peneliti adalah metode pre-eksperimen dengan menggunakan one grup pre-tes,
posttes design. Penelitian ini dilaksanakn di UPTD SPF SMP NEGERI 2 PULAU
BANYAK BARAT pada kelas VIII sebanyak 25 siswa. Hasil uji hipotesis yang
dilakukan pada penelitian ini menunjukan bahwa nilai t hitung sebesar
16,4037dengan nilai t tabel pada paraf signifikansi = 0.5 yaitu sebesar 2,060
artinya nilai t hitung > nilai t tabel atau 16,4037 > 2060. Sehingga Ha diterima dan
H0 ditolakmaka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh signifikan pada model
pembelajaran Collaborative Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa UPTD SPF SMP NEGERI 2 PULAU BANYAK BARAT.