Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh
pengaruh religiusitas dan pengetahuan produk bank syariah terhadap
keputusan masyarakat menabung di bank syraiah. Metode Penelitian Skripsi
ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan satu
variabel independen dan satu variabel dependen, variabel independen pada
penelitian ini merupakan religiusitas dan pengetahuan produk sedangkan
variabel dependen pada penelitian ini merupakan minat masyarakat
menabung di bank syariah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
berupa kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Dalam
menganalisis data peneliti menggunakan analisis data dengan langkah langkah beberapa uji validitas data, uji reliabilitas, uji regresi sederhana dan
pengujian hipotesis. Hasil uji hipotesis yang dilakukan diketahui nilai
signifikansi untuk pengaruh religiusitas (X1) dan pengetahuan produk (X2)
terhadap keputusan masyarakat menabung dibank syariah (Y) adalah
sebesar 0,000 < 0,05 dan fhitung 589,875 > nilai ftabel 3,090, maka hal tersebut
membuktikan bahwa secara simultan, religiusitas (X1), pengetahuan produk
(X2) berpengaruh positif dan signifikansi terhadap keputusan masyarakat
menabung dibank syariah (Y).