Abstract:
Pengelolaan kearsipan yang dilaksanakan oleh Perangkat Desa di Kantor
Kepala Hutanopan Kabupaten Padang Lawas Utara masih belum optimal yang
berakibat pada rendahnya efektifitas kerja sehingga menghambat tugas-tugas.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui optimalisasi pengelolaan kearsipan dalam
aktifitas kerja di Kantor Kepala Desa Hutanopan, mengetahui kendala-kendala apa
yang dihadapi dalam pengelolaan kearsipan dalam aktifitas kerja, mengetahui
upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam
pengelolaan kearsipan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dengan melakukan pengamatan,wawancara dengan informan yang
menjadi narasumber yaitu Kepala Desa Hutanopan, Sekretaris dan Kaur Umum.
Hasil yang di dapat dari penelitian ini bahwa pengelolaan kearsipan di Kantor
Kepala Desa Hutanopan sudah cukup baik, Pada tahap penggunaan arsip masih ada
sedikit kelemahan yaitu tata cara penyimpanan arsip atau penempatan arsip pada
lemari belum tersusun rapi berdasarkan nomor urut surat, masih tercampur antara
surat-surat masuk dan surat keluar sehingga apabila dibutuhkan butuh waktu untuk
mencarinya. Keterbatasan sarana dan prasarana juga jadi penghambat para petugas.
Fasilitas yang di berikan sangat minim, seperti kurangnya filling cabinet.
Pengelolaan kearsipan yang sudah berjalan sekarang dapat lebih optimal
dilaksanakan perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan kepada petugas dalam
pengelolaan prosedur surat masuk atau surat keluar yang disimpan dalam folder
hingga filling kabinet.