dc.contributor.author |
PUTRI, WIDYA SARI |
|
dc.date.accessioned |
2023-08-15T04:08:17Z |
|
dc.date.available |
2023-08-15T04:08:17Z |
|
dc.date.issued |
2023-03-09 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21250 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan
kelompok dengan permainan simulasi untuk meningkatkan kecerdasan emosi
siswa di SMK Mandiri Medan. Subjek dalam penelitian ini ialah gutu BK, Guru
pelajaran dan siswa-siswi kelas XII, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas XII SMK Mandiri Medan yang berjumlah 10 orang dan mengalami
masalah kurangnya kecerdasan emosi. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dan untuk memperoleh data maupun informasi dalam penelitian ini
maka dilakukan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan
ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil
penelitian dapat diketahui bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok
dengan permainan simulasi untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas
XII SMK Mandiri Medan ternyata berhasil dan cukup efektif siswa sudah
mengerti tentang kecerdasan emosi dan bagaimana cara untuk meningkatkan
kecerdasan emosi yang baik dan terjadi perubahan. |
en_US |
dc.subject |
Layanan Bimbingan Kelompok |
en_US |
dc.subject |
Permainan Simulasi |
en_US |
dc.subject |
Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa |
en_US |
dc.title |
PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI SISWA SMK MANDIRI MEDAN |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |