dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana pengembangan media
Booklet pada pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) Mengetahui tingkat kevalidan
media Booklet pada pembelajaran Bahasa Indonesia, (3) Mengetahui tingkat
kepraktisan media Booklet pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Dasar penelitian
ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) dengan
desain ADDIE, tahapan yang dilalui antara lain, (1) analysis, (2) design, (3)
development, (4) Implementation dan (5) evaluation. Namun pada penelitian ini
hanya sampai pada tahapan implementation yaitu tahap revisi produk setelah uji
coba kelompok kecil. Penelitian ini menghasilkan media Booklet pada
pembelajaran Bahasa Indonesia materi puisi. Instrumen yang digunakan pada
penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar angket validasi media
pembelajaran dan kepraktisan media. Hasil penelitian media Booklet yang
dikembangkan tergolong dalam kategori “sangat valid” dengan presentase 90,67%
untuk penilaian ahli materi, 97,33% untuk penilaian ahli desain media, serta 96,67%
untuk penilaian ahli Bahasa. Dan dinyatakan sangat praktis dengan hasil presentase
89,33% untuk respon guru dan 91,13% untuk respon siswa. Hal tersebut
menunjukan bahwa media Booklet pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi
puisi telah valid dan praktis. |
en_US |