Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis
keragaman budaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
pengembangan media pembelajaran board game Jumanji Matematika berbasis
keragaman budaya, selain itu juga untuk mengetahui tingkat kelayakan media
pembelajaran berbasis keragaman budaya, serta untuk mengetahui respon siswa
terhadap ketertarikan pada media pembelajaran yang dikembangkan. Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan
ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan,
implementasi dan evaluasi. Pada tahapan implementasi peneliti melakukan uji
coba produk pada satu kelas yaitu kelas VII-B dengan jumlah siswa 21 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran board game Jumanji
Matematika berbasis keragaman budaya yang dikembangkan memiliki tingkat
kevalidan 3,07 oleh ahli media, untuk penilaian materi diperoleh nilai 4 dengan
kategori sangat valid, sedangkan tingkat kepratisan berada pada kategori sangat
praktis dengan nilai rata-rata 3,62.