dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi yang
digunakan oleh Remaja Masjid Al-Hidayah Medan Polonia dalam menarik minat
remaja untuk memakmurkan masjid. Didasari oleh kesadaran masyarakat perihal
buruknya karakter remaja dewasa ini, Remaja Masjid Al-Hidayah hadir untuk
memperbaiki moralitas remaja agar kembali kejalan yang lebih baik yaitu mengaji
dan memakmurkan masid. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan
(field research) yang menggunakan metode pengumpulan data berupa studi
kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini
menggunakan Teknik Purposive Sampling dimana peneliti menggunakan sampel
berdasarkan ciri dan kriteria tertentu yang sesuai dengan fokus penelitian.
Berdasarkan Penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa strategi komunikasi
Remaja Masjid Al-Hidayah dalam menarik minat remaja untuk memakmurkan
masjid yakni dengan menciptakan event-event menarik yang sedang trend di
kalangan remaja dan memasukkan kegiatan public relations didalamnya. Peneliti
juga mendapatkan faktor pendukung dan penghambat Remaja Masjid Al-Hidayah
dalam menarik minat remaja untuk memakmurkan masjid, faktor pendukungnya
yaitu berasal dari remaja itu sendiri yang senantiasa ingin belajar dan bekerja
sama dalam memakmurkan masjid serta dukungan dari masyarakat sekitar dan
aparatur daerah yang mendukung baik secara moril maupun materil, sedangkan
faktor penghambatnya yaitu kurangnya disiplin waktu dari para remaja dalam
menjalankan program dikarenakan para remaja yang memiliki kegiatan pribadi
diluar organisasi yaitu sekolah ataupun bekerja. Remaja Masjid Al-Hidayah juga
tidak hanya berfokus dalam mengembangkan karakter para remaja tetapi juga
memiliki strategi sebagai fasilitator dan penggerak utama dalam meningkatkan
kegiatan keagamaan masyarakat khususnya di Jalan Starban Kelurahan Polonia
Medan. |
en_US |