Abstract:
Tujuan penelitian merupakan suatu hal yang utama akan memiiki arah dalam
suatu kegiatan atau penelitian yang harus memiliki arah dan tujuan yang jelas.
Maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya orang
tua mengembalikan keberfungsian sosial terhadap anak kecanduan gadget di
Desa Bakaran Batu, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang.
Peneltiian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun hasil penelitian
menunjukkan Gadget membawa dampak baik dan dampak buruk terhadap
perkembangan pola pikir anak dan pola komunikasi seorang anak sehingga
perlunya pendampingan mengenai kecakapan berkomunikasi pada anak dengan
selektif dalam bicara kepada anak serta memberikan strategi terhadap
pendampingan kecakapan berkomunikasi pada anak. Memebangun sosialisasi
pada anak dengan memberikan edukasi pada anak untuk berinteraksi pada
lingkungan sekitarnya dengan cara mengajarkan anak saya ramah terhadap
masyarakat yang ada di tempat tinggalnya serta mengajarkan anak kesopanan
supaya dia mempunyai akhlak yang bagus dan dinilai juga bagus terhadap
masyarakat tempat disekitar tempat tinggal. Kemampuan berintegrasi pada anak
membawa dampak yang baik, karena dengan adanya integrasi mereka bisa
berbaur dengan yang lainnya tanpa memandang latar belakang budaya, ras, dan
golongan bahkan adanya integrasi ini lagi mereka mempunyai sifat sosial yang
tinggi dan peduli terhadap orang-orang yang ada disekitarnya. Pendampingan
orang tua sangat berpengaruh penting terhadap anak yang khusunya anak yang
kecanduan gadget. Oleh karena itu orang tua harus memiliki kewaspadaan
terhadap hal-hal bisa merusak mata anak saya, merusak mental, merusak akhlak,
merusak otak dan pikiranya“ Terjadinya penurunan konsentrasi pada belajar anak,
dikarenakan anak sering bermain HP sampai larut malam sehingga dalam belajar
dalam keadaan mengantuk, disamping itu gadget sudah banyak mempengaruhi
pikiran dan sikap seorang anak untuk menjadi manusia yang inrovet dan menjadi
manusia sulit untuk bersosialisasi dengan orang lain bahkan dengan keluarga
sendiri kemungkinbesar sangat sulit juga karena sudah terpengaruh oleh gadget.
Efek samping pada anak dalam bermain gatget adalah mata anak menjadi menjadi
rabun. Penurunan kognitif atau perkembangan anak yang terhambat akibat
kecanduan gadget ditandai dengan anak sulit untuk menguasai pengetahuan umum
yang lebih luas, sehingga ia tidak dapat berfungsi atau berpikir secara wajar dalam
kehidupan masyarakat sehari-harinya.