Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Media Pembelajaran KOMAT
(Komik Matematika) berbasis Problem Based Learning yang valid dan efektif.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dan menggunakan
prosedur penelitian model ADDIE, yaitu tahap analisis (Analysis), tahap
perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi
(Implementation) dan tahap evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian ini: 1) peneliti
telah menghasilkan Media Pembelajaran KOMAT (Komik Matematika) berbasis
Problem Based Learning; 2) hasil penilaian Media Pembelajaran KOMAT (Komik
Matematika) dari ahli materi dengan presentase nilai 97% dengan kategori sangat
valid, dan penilaian Media Pembelajaran KOMAT (Komik Matematika) dari ahli
media dengan presentase 94% dengan kategori sangat valid; 3) hasil uji coba pada
kelas VIII-G melalui pretest sebelum menggunakan Media Pembelajaran KOMAT
(Komik Matematika) dengan rata-rata presentase 59%, hasil uji coba pada kelas
VIII-G melalui postest setelah menggunakan Media Pembelajaran KOMAT
(Komik Matematika) dengan rata-rata presentase 88% dengan kategori tuntas; 4)
hasil uji coba penilaian pada kelas VIII-G melalui angket respon peserta didik
dengan rata-rata presentase 88% dengan kategori sangat efektif. Dari hasil penilaian
ahli materi, ahli media, hasil postest peserta didik, dan respon peserta didik, maka
Media Pembelajaran KOMAT (Komik Matematika) yang dikembangkan valid dan
efektif digunakan sebagai media pembelajaran oleh peserta didik.