Research Repository

PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENGANALISIS IPA SISWA KELAS V SD ISLAM AR – RASYID KEC. SUNGGAL KAB. DELI SERDANG

Show simple item record

dc.contributor.author NASRAH, WIRANI
dc.date.accessioned 2023-07-28T04:20:07Z
dc.date.available 2023-07-28T04:20:07Z
dc.date.issued 2023-04-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21130
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam kegiatan belajar siswa, kurangnya penggunaan media pembelajaran pada saat pembelajaran oleh guru sehingga berdampak pada rendahnya keterampilan menganalisis siswa. Rumusan masalah yang terdapat pada skripsi ini yaitu bagaimana keterampilan menganalisis materi pentingnya menjaga asupan makanan sehat tanpa menggunakan media flashcard siswa kelas V SD Islam Ar-Rasyid Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang, bagaimana keterampilan menganalisis materi pentingnya menjaga asupan makanan sehat dengan menggunakan media flashcard siswa kelas V SD Islam Ar-Rasyid Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang, bagaimana pengaruh penggunaan media flashcard terhadap keterampilan menganalisis materi pentingnya menjaga asupan makanan sehat siswa kelas V SD Islam Ar-Rasyid Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan menganalisis materi pentingnya menjaga asupan makanan sehat tanpa menggunakan media flashcard siswa kelas V SD Islam Ar-Rasyid Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang, untuk mengetahui keterampilan menganalisis materi pentingnya menjaga asupan makanan sehat dengan menggunakan media flashcard siswa kelas V SD Islam Ar-Rasyid Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang, untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard terhadap keterampilan menganalisis materi pentingnya menjaga asupan makanan sehat siswa kelas V SD Islam Ar-Rasyid Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun yang menjadi populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Islam Ar-Rasyid Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang yang berjumlah 40 orang Siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu Tes keterampilan Menganalisis yang berjumlah 5 Soal berbentuk isian yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dikelas kontrol diperoleh hasil rata-rata sebesar 60,75 dan rata-rata di kelas eksperimen sebesar 80,75 dengan menggunakan media flashcard. Dilihat dari hasil output “Independent Samples Test” diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran flashcard terhadap keterampilan menganalisis IPA Siswa Kelas V SD Islam Ar-Rasyid Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang. en_US
dc.subject Media Flashcard en_US
dc.subject Keterampilan Menganalisis en_US
dc.title PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENGANALISIS IPA SISWA KELAS V SD ISLAM AR – RASYID KEC. SUNGGAL KAB. DELI SERDANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account