Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) Berbasis Missouri Mathematics Project Pada materi segitiga
dan segiempak pokok bahasan keliling dan luas segitiga di SMP Harapan Mekar
Medan yang memenuhi kriteria sangat valid.Model pengembangan yang digunakan
yaitu 4-D yang meliputi pendefinisian (define), perancangan (design),
pengembangan (development),dan penyebarluasan (desseminate). Namun peneliti
hanya sampai tahap pengembangan (development). Dikarenakan keterbatasan
waktu dan biaya. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan LKPD
adalah angket penilaian RPP, penilaian oleh ahli media, penilaian ahli materi, dan
penilaian angket respon peserta didik.. Berdasarkan hasil dari penilaian validator
Lembar Kerja Peserta Didik diperoleh nilai dari ahli media sebesar 85,00 % dengan
kriteria sangat valid, penilaian oleh ahli materi diperoleh sebesar 90,5 % dengan
kriteria sangat valid, penilaian angket respon peserta dididik tertinggi diperoleh 90
% termasuk dalam ranah sangat positif dan rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) diperoleh sebesar 84,50 % dengan kategori valid.