Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan
kewarganegaraan dalam mengimplementasikan nilai – nilai pancasila dalam
meningkatkan semangat nasiolnisme agar menjadi pengetahuan yang di
peroleh menjadi sesuatu yang bermakna karena dapat dimanfaatkan dalam
menghadapi masalah – masalah di masyarakat, berbangsa dan bernegara. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk
implementasi nilai – nilai pancasila agar dapat menumbuhkan semangat
nasionalisme peserta didik serta apakah dengan mengimplementasikan nilai – nilai pancasila melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dapat
menumbuhkan semangat nasionalisme bagi peserta didik Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan pendekatn deskritif yaitu analisis data
dalam bentuk kata – kata, kalimat atau paragraf yang dinyatakan dalam
bentuk deskriftif dalam tiga tahapan yaitu reduksi data, paparan data dan
penarikan kesimpulan sehingga dapat memberikan gambaran masalah yang
sedang diteliti di Kelas VIII SMP Negeri 2 Bagan Sinembah Raya, Sumber
datanya yaitu Guru Pendidikan Kewarganegaraan Smp Negeri 2 Bagan
Sinembah Raya, serta teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Bagaimana menanamkan sikap nasionalisme
siswa melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui aspek
nilai – nilai pancasila antara lain dengan pembiasaan, keteladanan, pemberian contoh yang kontekstual, pembelajaran. Hal yang paling efektif
dilakukan oleh guru diantara cara tersebut adalah pembiasaan dan
keteladanan karena dapat dilakukan guru setiap hari. Seperti membiasakan
siswa untuk mengikuti upacara bendera,menerima
kemajemukan,mementingkan kepentingan umum.