Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis pengaruh komunikasi
pemasaran, kepercayaan dan penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah
pembiayaan murabahah di BPRS Puduarta Insani. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data yang
digunakan pada penelitian ini adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi
linier berganda, uji hipotesis dan uji determinasi. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukkan bahwa Variabel Komunikasi Pemasaran (X1) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Variabel Loyalitas Nasabah Pembiayaan Murabahah di BPRS
Puduarta Insani (Y) dengan perolehan thitung (3,819) > ttabel (1,989) dengan nilai
signifikan sebesar 0,001 < 0,05, Variabel Kepercayaan (X2) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Variabel Loyalitas Nasabah Pembiayaan Murabahah di BPRS
Puduarta Insani (Y) dengan perolehan thitung (4,139) > ttabel (1,989) dengan nilai
signifikan sebesar 0,001 < 0,05, Variabel Penanganan Keluhan (X3) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Variabel Loyalitas Nasabah Pembiayaan Murabahah
(Y) dengan perolehan thitung (14,525) > ttabel (1,989) dengan nilai signifikan sebesar
0,001 < 0,05, uji secara simultan pada Variabel Komunikasi Pemasaran (X1),
Kepercayaan (X2) dan Penanganan Keluhan (X3) menyatakan bahwa ada pengaruh
signifikan secara bersama-sama terhadap Loyalitas Nasabah Pembiayaan
Murabahah di BPRS Puduarta Insani (Y) dengan perolehan Fhitung (213,652) > Ftabel
(2,71) dengan tingkat signifikan 0,001.