Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah penggunaan strategi
pembelajaran Point-Counterpoint dapat meningkatkan kemampuan belajar
matematika siswa SMP Prayatna Medan Tahun Pelajaran 2022/2023 ? 2)
Bagaimanakah kemampuan belajar matematika dengan menggunakan strategi
pembelajaran Point-Counterpoint pada siswa SMP Prayatna Medan tahun pelajaran
2022/2023 ? Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan belajar
matematika siswa SMP Prayatna Medan pada pokok bahasan Sistem Persamaan
Linear Dua Variabel dengan penggunaan strategi pembelajaran Point Counterpoint. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas.
Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi dan yang menjadi subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-III SMP Prayatna Medan T.P
2022/2023. Dengan jumlah 32 orang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 12 siswa
perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.
Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Data peningkatan siswa yang diperoleh dilapangan ditulis dalam bentuk
tabel dan diagram. Setelah data dianalisis diperoleh beberapa temuan yaitu tes awal
menunjukkan bahwa ketuntasan siswa mencapai 22% (7 siswa) dengan nilai rata rata 49,37%, siklus I mencapai 56,25% (18 siswa) dengan nilai rata-rata 62,5% dan
terjadi peningkatan sebesar 34,25%, serta presentase ketuntasan siklus II mencapai
84,37% (27 siswa) dengan nilai rata-rata 80,31 dan terjadi peningkatan sebesar
28,12%. Dengan demikian pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal
terpenuhi karena ≥ 70%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan
bahwa penerapan penggunaan strategi pembelajaran Point-Counterpoint dapat
meningkatkan kemampaun belajara matematika siswa SMP Prayatna Medan.