Abstract:
Penelitian Ini dilatar belakangi adanya suatu fakta yang terdapat pada proses
kegiatan pembelajaran. Dimana terdapat banyaknya pendidik yang hanya terfokus
pada hasil jawaban saja tanpa mempertimbangkan kreativitas peserta didik dalam
menyelesaikan soal. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1)
Kreativitas dapat menyelesaikan soal cerita matematika (2) Faktor-faktor apa saja
yang dapat menghambat kreativitas siswa SMP Muhammadiyah 07
Medan.Adapun metode pada penelitian ini adalah deskriptif. Sumber data pada
penelitian ini adalah siswa dan guru matematika kelas VII SMP Muhammadiyah
07 Medan. Untuk teknik pengumpulan data yaitu berupa penilaian saat observasi,
kemudian adanya wawancara dan terakhir itu berupa butiran soal yang dikemas
dalam bentuk soal tes. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu
jenis penelitian kualitatif berdasarkan step-step yang digunakan.Dari hasil
penelitian yang dilakukan peneliti, menunjukkan bahwa siswa-siswa kelas VII-4
tegolong komponen tingkat 2 pada kreativitas. Dimana dari 3 butir soal yang
diberikan siswa hanya dapat menunjukkan 2 indikator dari kreativitas. Salah
satunya pada butir soal no 1 dan 2, dimana siswa menyelesaikan dengan 2 cara
penyelesaian berdasarkan cara penyelesaian yang mereka pahami berdasarkan
hasil pemikiran mereka.