Research Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN BENDA NYATA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 066659 KELURAHAN LABUHAN DELI TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author NUR ANDINI, HARDIYANTI
dc.date.accessioned 2023-07-26T04:12:56Z
dc.date.available 2023-07-26T04:12:56Z
dc.date.issued 2023-05-11
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21087
dc.description.abstract Pendidikan merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan. Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan sumber daya manusia. Oleh sebab itu, pendidikan hendaklah harus dilaksanakan sebaik baiknya sehingga bisa mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Aktivitas belajar IPS pada kelas Kelas IV SD Negeri 066659 Kelurahan Labuhan Deli. Penelitian ini dilakukan secara observasi dan tes adapun beberapa siklus yang dilakukan secara bertahap yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I berupa pembelajaran dengan penerapan model Jigsaw yaitu menyampaikan materi dan menjelaskannya, membentuk kelompok, menyelesaikan tugas dengan berdiskusi, memberi kesempatan kepada siswa untuk mencari tahu jawaban dengan pemikiran sendiri. Siklus I berakhir setelah berdiskusi I. dari hasil siklus I tersebut terdapat 42% atau 10 orang siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dan 58% atau 14 orang siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar. Dan dari hasil observasi guru siklus I diperoleh niali terendah observasi guru jumlah 65% dan nilai terendah observasi siswa dengan 63%. dalam mengelola pembelajaran sudah cukkup baik namun belum mencapai ketuntasan. Maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Siklus II dibuat dari pengembangan siklus I dimana peneliti membagikan kelompok secara acak. Pada soal siklus II terdapat 4 orang orang siswa atau 17% dari jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Dan terdapat 20 orang siswa atau 83% dari jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar. Secara klasikal sudah ditentukan ketuntasan belajar, dari nilai tertinggi hasil observasi guru selama mengajar diperoleh jumlah nilai 90% dan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar adalah 85%. Dalam hal ini kemampuan guru dan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar mengalami peningkatan yang sangat baik sekali. Kesimpulan dari penelitian ini aktivitas belajar IPS pada siswa sebelum menggunakan model jigsaw berdasarkan observasi rata-rata nilai 58% pada siklus I rata-rata 63% pada siklus II rata-rata 85%. en_US
dc.subject Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS en_US
dc.subject Model Pembelajaran Jigsaw en_US
dc.subject Benda Nyata en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN BENDA NYATA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 066659 KELURAHAN LABUHAN DELI TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account