Research Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA AL-WASHLIYAH 3 MEDAN T.A 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author RAFIQOH, NISA
dc.date.accessioned 2023-07-26T02:02:06Z
dc.date.available 2023-07-26T02:02:06Z
dc.date.issued 2023-03-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21074
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Bagaimana proses pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan Jurnah Khusus ini SMK Swasta Al Wasliyah 3 Medan dengan model pendekatan Problem Based Learning, 2. Untuk meningkatkan hasil belajar Akuntansi dengan menggunakan model pendekatan Problem Based Learning pada materi Jurnal Khusus di SMK Swasta Al-Wasliyah 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada bulan September hingga Desember 2022 di SMK Swasta Al-Wasliyah 3 Medan yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan Jurnal Khusus menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan jurnal khusus dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, sebelum diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning menunjukkan presentase ketuntasan peserta didik 28.57%, setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I menunjukkan presentase ketuntasan peserta didik 42.85% dan pada siklus II menunjukkan presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik 80.95%. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Problem Based Learning en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Pendekatan Hots en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA AL-WASHLIYAH 3 MEDAN T.A 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account