dc.description.abstract |
Pariwisata berarti perpindahan orang yang bersifat sementara ke suatu daerah di
Iuar tempat tinggalnya dan tempat kerjanya sehari-hari, aktifitas yang berlangsung
selama mereka tinggal di tempat tujuan dan fasilitas yang dibuat untuk memenuhi
kebutuhannya. Kabupaten Labuhanbatu Selatan merupakan salah satu dari
pemekaran Labuhanbatu Raya sejak 24 juni 2008, tujuan wisata utama di
Labuhanbatu Selatan yang memiliki potensi tidak kalah menarik dengan daerah
tujuan wisata lainnya di Labuhanbatu Raya. Kepariwisataan Kabupaten
Labuhanbatu Selatan sudah cukup dikenal masyarakat Labuhanbatu Raya dan
masyarakat Sumatera Utara namun belum dimanfaatkan secara optimal. Kabupaten
Labuhanbatu Selatan memiliki beberapa obyek wisata yang dapat dikunjungi
seperti wisata alam, kolam renang family hill, taman wisata indah batu ajo, vivetato
water dan farm, pandayangan, waterpark pesona cikampak, Dan tempat yang
penulis pilih sebagai objek penelitian yaitu Taman Wisata Alam holiday resort.
Tujuan penelitian penulisan skripsi ini untuk mengetahui Perencanaan Komunikasi
pemasaran dalam menarik minat kunjung ke taman wisata alam holiday resort.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam mengerjakan penelitian
ini penulis melakukan pengamatan, wawancara, dan penelaahan dokumen. Analisis
data dalam penelitian ini berlangsung bersamaan dengan proses pengumpulan data
atau melalui tiga tahapan model alir dari Miles dan Huberman, yaitu reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan data atau verifikasi. Upaya perencanaan
komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pihak pengelola taman wisata alam
holiday resort masih belum optimal. Hal ini dikarenakan pihak pemerintah
kabupaten yaitu dinas pariwisata tidak turut serta dalam proses pemasaran objek
wisata yang ada di labuhanbatu selatan terkhususnya taman wisata alam holiday
resort. |
en_US |