Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS IV MIS AL-IKHLASIAH MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author PUTRI, NABILA
dc.date.accessioned 2023-07-24T01:22:22Z
dc.date.available 2023-07-24T01:22:22Z
dc.date.issued 2023-06-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20971
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV di MIS Al-Ikhlasiah Medan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa di kelas kontrol, mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen, dan mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di kelas IV MIS Al-Ikhalsiah Medan pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pengolahan data kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dijelaskan bahwa seluruh populasi dijadikan sampel yang berjumlah 57 siswa, terbagi menjadi 29 siswa di kelas kontrol dan 28 siswa di kelas eksperimen. Insrumen pada penelitian ini menggunakan instrumen tes berpikir kritis yang berjumlah 10 soal essay, dimana siswa mengerjakan pre test dan post test yang sudah di uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada siswa di kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table) diperoleh hasil nilai rata-rata siswa sebesar 85,62, berbeda dengan siswa di kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share) diperoleh hasil nilai rata-rata siswa sebesar 70,17. Dinyatakan bahwa rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata nilai siswa di kelas kontrol. Pembelajaran yang dilakukan pada siswa di kelas IV MIS Al-Ikhlasiah Medan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table memberikan dampak yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di kelas IV MIS Al-Ikhlasiah Medan dalam pelaksanaan pembelajaran IPA. en_US
dc.subject Model Kooperatif Tipe Round Table en_US
dc.subject Berpikir Kritis en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS IV MIS AL-IKHLASIAH MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account