Research Repository

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) SISWA KELAS III SD SWASTA PAB 29 MANUNGGAL

Show simple item record

dc.contributor.author SAFITRI, RISKA DWI
dc.date.accessioned 2023-07-22T02:35:24Z
dc.date.available 2023-07-22T02:35:24Z
dc.date.issued 2023-07-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20930
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas III SD Swasta PAB 29 Manunggal. Karena aktivitas beajarsiswa masih rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model Missouri Mathematics Project (MMP). Adapun penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Swasta PAB 29 Manunggal. Yang berjumlah 23 orang siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes untuk mengatui aktivitas belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP). Pendekatan dalam penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas, dengan model Missouri Mathematics Project (MMP), yaitu dengan menggunakan siklus I dan siklus II. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yakni menguji dan menganalisis data dengan pperhitung angka-angka dan menarik kesimpulan dari penguji tersebut dengan menggunkan rumus-rumus. Hasil penelitian ini menunjukkan berdasarkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Kesimpulan yangdapat diambilbahwa penerapan model Missouri Mathematics Project (MMP) dan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Terjadi peningkatan dari lembar observasi aktifitas siswa dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I yang memiliki aktivitas belajar siswa dengan Rata-rata 40% berkriteria cukup berjumlah siswa 12 (Tuntas) dengan kategori Baik,jumlah siswa 10 (Tidak Tuntas) dengan kategori cukup dan jumlah siswa 1(Tidak Tuntas) dengan kategori kurang. Dari siklus I masih belum ada peningkatan, kemudian lanjut ke siklus II yang memiliki aktivitas belajar siswa dengan rata-rata 80% berkriteria sangat baik, berjumlah siswa 12 (Tuntas) dengan kategori Sangat Baik,jumlah siswa 8 (Tuntas) dengan kategori baik dan jumlah siswa 3 (Tidak Tuntas) dengan kategori cukup. Dari siklus I dan II sudah ada peningkatan. Kemudian berdasarkan ketuntasannya, tes awal mendapatkan ketuntasan 0 %, siklus I mendapatkan ketuntasan 17,40 %, dan siklus II mendapatkan ketuntasan 86,95 %. Sehingga di antara setiap tes menunjukkan peningkatan. Total nilai yang didapat dari tes awal memperoleh rata-rata 35, siklus I memperoleh rata-rata 61,08 dan siklus II memperoleh rata-rata 85,21. Hal ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan dari tes awal, siklus I, dan siklus II yang signifikan. en_US
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) SISWA KELAS III SD SWASTA PAB 29 MANUNGGAL en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account