dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sekaligus mengetahui komunikasi interpersonal guru dalam membangun kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa/i di SMA Swasta Bhayangkari 2 Rantauprapat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek (informan) dalam penelitian ini adalah guru, wali kelas dan siswa kelas XII IPS. Objek Penelitian dalam penelitian ini adalah siswa/i SMA Swasta Bhayangkari 2 Rantauprapat. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini analisis wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Guru–guru di SMA Swasta Bhayakari 2 Rantauprapat telah menerapkan komunikasikan interpersonal dalam membangun kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa, namun hasilnya belum sepenuhnya efektif, masih terdapat beberapa siswa yang memiliki kepercayaan diri dan motivasi belajar yang rendah: penakut, pesimis, labil, lebih senang menyendiri, kurang giat dan kurang semangat belajar, malas mengulang pelajaran di rumah, namun memiliki minat berkarya yang tinggi. Kepercayaan diri dapat memotivasi belajar siswa/i SMA Swasta Bhayangkari 2 Rantauprapat. Siswa yakin berprestasi sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki dan yakin suatu dapat membanggakan orangtuanya dengan menekuni bakat yang mereka minati. Namun demikian, dalam hal mengikuti pelajaran di sekolah, siswa cenderung kurang yakin dapat berprestasi di sekolah. |
en_US |