Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan
representasi matematis pada siswa Mts Ar-Ridha Medan T.P 2022/2023. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan adalah tes dan
observasi aktivitas belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A
sebagai kelas kontrol dan Kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen Mts At-Ridha
Medan T.P 2022/2023 yang terdiri dari 27 siswa serta 28 siswa. Objek Penelitian
ini adalah upaya meningkatkan kemampuan representasi siswa dengan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Dari hasil penelitian
dapat dilihat bahwa: (1) Penerapan Model Problem Based Learning dapat
meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa dengan nilai rata-rata N Gain 0.43 yang tergolong “sedang”. (2) Dari hasil uji t sampel indenpenden nilai
atau 7,0>1,675. Sehingga disimpulkan kemampuan representasi
matematis siswa yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem
Based Learning lebih baik daripada kemampuan representasi matematis siswa
dengan yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional.