Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Indx Card Match Terhadap Keterampilan Menyusun Teks Cerita Fabel Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 3 Binjai Tahun Pembelajaran 2017-2018

Show simple item record

dc.contributor.author Sembiring, Maya Andria Sari Br
dc.date.accessioned 2020-03-05T17:08:47Z
dc.date.available 2020-03-05T17:08:47Z
dc.date.issued 2018-04-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2081
dc.description.abstract Permasalahan penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam menyusun teks cerita fabel disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam menyusun strukur teks cerita fabel, siswa kurang memahami materi pelajaran yang diberikan oleh guru khususnya dalam menyusun struktur teks cerita fabel, guru belum mencoba menggunakan model pembelajaran terbaru yang lebih inovatif dan bervariasi, dan model pembelajaran yang digunakan guru sebelumnya dalam menyusun teks cerita fabel tidak efektif dan kurang inovatif dalam penyampaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran index card match terhadap keterampilan menyusun teks cerita fabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Binjai tahun pembelajaran 2017-2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu model yang bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai akibat adanya perbedaan perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini penulis menggunakan alat pengumpulan data berupa tes esai keterampilan menyusun teks cerita fabel dengan menggunakan uji “thitung”. Setelah penelitian di kelas eksperimen diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran index card match hasil penelitian ini menunjukan sangat baik sekali karena dibuktikan berdasarkan perhitungan diketahui 23 siswa (69,69 %) mendapatkan nilai sangat baik, 10 siswa (30,30 %) mendapatkan nilai baik, tidak ada siswa yang mendapat nilai cukup, dan tidak ada siswa yang mendapat nilai kurang. Sedangkan hasil penelitian di kelas kontrol dengan model ceramah menunjukan sangat kurang sekali karena dibuktikan berdasarkan perhitungan diketahui 21 orang siswa (65,62%) mendapat nilai dibawah 50. Kemudian berdasarkan uji “t” diperoleh thitung = 7,48 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 % dengan Db = N1 + N2 – 2 = 63 maka diperoleh ttabel = 1,669 dengan demikian dapat diketahui thitung > ttabel, yaitu 7,48 > 1,669 Maka Ha diterima dengan hipotesis yang berbunyi “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Keterampilan Menyusun Teks Cerita Fabel oleh Siswa kelas VIII SMP Negeri 3 BINJAI Tahun Pembelajaran 2017-2018”. en_US
dc.publisher Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara en_US
dc.subject Index Card Match en_US
dc.subject Metode Pembelajaran en_US
dc.subject Menyusun Teks en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Indx Card Match Terhadap Keterampilan Menyusun Teks Cerita Fabel Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 3 Binjai Tahun Pembelajaran 2017-2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account