dc.description.abstract |
Strategi pengembangan adalah salah satu cara yang digunakan oleh instansi untuk
meningkatkan SDM dalam mengelola produk usaha yag sudah ada. Strategi
pengembangan dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam
mengembangkan SDM UKM secara menyeluruh. Dipandang dari luasnya
permasalahan yang ada di dalam instansi, maka diperlukan adanya pengembangan
dan pemberdayaan UKM yang dijadikan pedoman bagi segmen instansi dalam
menjalankan kegiatannya, menunjukkan adanya strategi pengembangan UKM
adalah semakin besarnya persaingan pasar untuk menuju UMKM naik kelas.Dinas
Koperasi UKM, Perindustrian, dan Perdagangan merupakan sebuah wadah UKM
binaan Kota Medan yang bergerak berdasarkan azas otonomi dan pembantuan di
bidang koperasi, UMKM dan Perindustrian. Dalam kesuksesaan usaha pelaku
UKM binaan dengan meningkatnya produk usaha tersebut dan dikenal oleh
masyarakat luar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh
keterlibatan komunikasi terhadap peningkatan penjualan pada Dinas Koperasi
UKM, Perindustrian, dan Perdagangan. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekata deskriptif dan
teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data yang diperoleh melalui
wawancara mendalam dan dokumentasi kemudian data tersebut dipilih dari data
yang telah dikumpulkan dianalisis saling berhubungan untuk mendapatkan dugaan
sementara dan menarik kesimpulan dari hasil tersebut. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa bahwa keterlibatan komunikasi Dinas Koperasi UKM,
Perindustrian, dan Perdagangan menggunakan strategi pengembangan dan
pemberdayaan UKM binaan untuk meningkatkan usaha ditengah Resesi 2023. |
en_US |