dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah “Model pembelajaran scaffolding dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III SDN 060872 Medan
Tahun Ajaran 2022/2023”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(Classroom action research) yang sengaja dilakukan untuk merencanakan,
melaksanakan kemudian mengamati dampak dari pelaksanaan tindakan tersebut
pada subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini, maka
dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut berdasarkan hasil observasi
yang dilakukan, maka pada saat pre test sebanyak 21 orang siswa yang belum
tuntas atau 60% dan 14 orang dinyatakan tuntas atau 40%. Kemampuan berpikir
kritis siswa dengan menggunakan model model pembelajaran scaffolding pada
siklus I belum memenuhi standar KKM, dimana yang memenuhi nilai KKM
sebanyak 18 orang siswa, dan 17 orang siswa lagi belum memenuhi nilai KKM.
Kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran
scaffolding pada siklus II sudah memenuhi standar KKM, dimana yang memenuhi
nilai KKM sebanyak 33 orang siswa, dan 2 orang siswa lagi belum memenuhi
nilai KKM. Hasil perhitungan gain diperoleh rata-rata siklus I sebesar 62,5 dan
rata-rata siklus II sebesar 88,3. Sehingga diperoleh gain 68,8%. Artinya kelas III
SDN 060872 Medan Tahun ajaran 2022/2023 mengalami peningkatan
keterampilan berdikusi dengan kategori sedang karena berada pada 31-70%. |
en_US |