Research Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SDN 060872 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author NUR AYU, ASTARI HUTASUHUT
dc.date.accessioned 2023-07-04T04:11:08Z
dc.date.available 2023-07-04T04:11:08Z
dc.date.issued 2023-04-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20797
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah “Model pembelajaran scaffolding dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III SDN 060872 Medan Tahun Ajaran 2022/2023”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research) yang sengaja dilakukan untuk merencanakan, melaksanakan kemudian mengamati dampak dari pelaksanaan tindakan tersebut pada subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, maka pada saat pre test sebanyak 21 orang siswa yang belum tuntas atau 60% dan 14 orang dinyatakan tuntas atau 40%. Kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model model pembelajaran scaffolding pada siklus I belum memenuhi standar KKM, dimana yang memenuhi nilai KKM sebanyak 18 orang siswa, dan 17 orang siswa lagi belum memenuhi nilai KKM. Kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran scaffolding pada siklus II sudah memenuhi standar KKM, dimana yang memenuhi nilai KKM sebanyak 33 orang siswa, dan 2 orang siswa lagi belum memenuhi nilai KKM. Hasil perhitungan gain diperoleh rata-rata siklus I sebesar 62,5 dan rata-rata siklus II sebesar 88,3. Sehingga diperoleh gain 68,8%. Artinya kelas III SDN 060872 Medan Tahun ajaran 2022/2023 mengalami peningkatan keterampilan berdikusi dengan kategori sedang karena berada pada 31-70%. en_US
dc.subject Pembelajaran Scaffolding en_US
dc.subject Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa en_US
dc.title PENERAPAN PEMBELAJARAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III SDN 060872 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account