Abstract:
Secara umum pendidikan dapat dimaknai sebagai bimbingan terhadap
perkembangan manusia menuju ke arah cita-cita tertentu. Suatu pembelajaran
yang dilakukan oleh setiap pendidik diharapkan mampu mewujudkan tujuan
pendidikan nasional yang terdapat dalam UUD tahun 1945 tepatnya pada alinea ke
IV yakni “mencerdaskan kehidupan bangsa”. Salah satu indikator tercapainya
tujuan pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh para peserta didik
setelah melewati proses pembelajaran. Bila hasil belajar para peserta didik
meningkat dari tahun ke tahun dapat disimpulkan bahwa mutu pendidikan di
Indonesia juga meningkat. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian
kuantitatif. Hasil dari penelitian Pada siklus I dilaksanakan tes evaluasi setelah
penyajian suatu materi pokok yakni koordinat kartesius dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok, berdasarkan tabel 4.16
diperoleh kesimpulan bahwa persentase aktivitas guru pada siklus I dengan
penerapan model pembelajaran investigasi kelompok terus mengalami
peningkatan pada pertemuan kedua hingga 50.4%. Berdasarkan kriteria
keberhasilan tindakan aktivitas guru ini masih tergolong kategori “Cukup”
dengan interval skor 40% < KT ≤ 60%. Berdasarkan tabel 4.17 diperoleh
kesimpulan bahwa persentase aktivitas siswa pada siklus I dengan penerapan
model pembelajaran investigasi kelompok yaitu 67,16%. Berdasarkan kriteria
keberhasilan tindakan aktivitas siswa ini masih tergolong kategori “baik”
dengan interval skor 60% < KT ≤ 80%.