dc.description.abstract |
Gatotkaca merupakan salah satu bentuk alih wahana dan asimilasi budaya
yang cukup populer dikalangan Orang tua Indonesia karena Gatotkaca sendiri
dikenal sebagai Tokoh perwayangan populer di pulau jawa pada masanya.
Gatotkaca sudah banyak direpresentasikan dalam bentuk wayang, komik, gambar
3D dan dalam bentuk game online mobile legends bang-bang, namun dalam bentuk
alih wahana yang berbeda ilustrasi bentuk, warna dan lainnya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui representasi budaya Indonesia melalui tokoh
perwayangan Gatotkaca di Game online Mobile Legends Bang-Bang melalui
analisis semiotika. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika
Roland Barthes dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan dengan Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi berbagai sumber Jurnal, Game
Online, kajian teori. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan ialah data primer
dan data sekunder. Setelah data terklasifikasi, dilakukan analisis data dengan
menggunakan teknik analisis Semiotika Roland Barthes menggunakan denotasi,
konotasi dan mitos sebagai kunci dari analisis semiotika. Hasil penelitian ini
menyatakan bahwa karakter Gatotkaca dalam Mobile Legends Bang-Bang masih
merepresentasikan budaya Indonesia namun demikian terdapat pergeseran tanda
dalam atribut Gatotkaca yang ditampilkan dalam Game Mobile Legends yang tidak
sesuai dengan atribut asli dari perwayangan sebelumnya. |
en_US |