Research Repository

ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE DALAM IKLAN GOJEK “KIRIMAN BERMAKNA”

Show simple item record

dc.contributor.author JABBAR, ABDILLA
dc.date.accessioned 2023-06-20T06:25:03Z
dc.date.available 2023-06-20T06:25:03Z
dc.date.issued 2023-05-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20739
dc.description.abstract Perkembangan teknologi dimanfaatkan oleh masyarakat maupun perusahaan untuk menyampaikan iklan, seperti produk, layanan jasa dan juga himbauan. Iklan tidak hanya mengandung kelebihan-kelebihan produk tetapi juga ada tanda-tanda yang ingin disampaikan, karena itu iklan GOJEK “Kiriman Bermakna” dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis semiotika Ferdinand De Saussure. Tujuan penelitian ini adalah tanda-tanda dalam iklan GOJEK “Kiriman Bermakna” berdasarkan analisis semiotika Ferdinand De Saussure. Penelitian ini mengamati tanda-tanda pada iklan GOJEK “Kiriman Bermakna”, yang disusun sebagai sebuah makna pesan. Analisis data dalam iklan ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika Ferdinand De Saussure, dimana analisis pada peneliltian ini menekankan pada pemecahan makna pada dua bagian utama, yakni Signifier (penanda) dan Signified (pertanda). Hasil yang diperoleh peneliti dalam scene iklan GOJEK “Kiriman Bermakna” memiliki tanda yang dapat berfungsi sebagai tanda, dalam iklan ini terdapat tanda-tanda yang cukup mendalam perihal rasa kekeluargaan. Seperti tampilan kehangatan dari momen berbuka puasa sampai momen mengirim kiriman yang bermakna. en_US
dc.subject Semiotika en_US
dc.subject Tanda-tanda en_US
dc.subject Iklan GOJEK “Kiriman Bermakna” en_US
dc.title ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE DALAM IKLAN GOJEK “KIRIMAN BERMAKNA” en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account