dc.description.abstract |
Perkembangan teknologi dimanfaatkan oleh masyarakat maupun perusahaan
untuk menyampaikan iklan, seperti produk, layanan jasa dan juga himbauan. Iklan
tidak hanya mengandung kelebihan-kelebihan produk tetapi juga ada tanda-tanda
yang ingin disampaikan, karena itu iklan GOJEK “Kiriman Bermakna” dalam
penelitian ini dianalisis menggunakan analisis semiotika Ferdinand De Saussure.
Tujuan penelitian ini adalah tanda-tanda dalam iklan GOJEK “Kiriman
Bermakna” berdasarkan analisis semiotika Ferdinand De Saussure. Penelitian ini
mengamati tanda-tanda pada iklan GOJEK “Kiriman Bermakna”, yang disusun
sebagai sebuah makna pesan. Analisis data dalam iklan ini menggunakan metode
kualitatif dengan analisis semiotika Ferdinand De Saussure, dimana analisis pada
peneliltian ini menekankan pada pemecahan makna pada dua bagian utama, yakni
Signifier (penanda) dan Signified (pertanda). Hasil yang diperoleh peneliti dalam
scene iklan GOJEK “Kiriman Bermakna” memiliki tanda yang dapat berfungsi
sebagai tanda, dalam iklan ini terdapat tanda-tanda yang cukup mendalam perihal
rasa kekeluargaan. Seperti tampilan kehangatan dari momen berbuka puasa
sampai momen mengirim kiriman yang bermakna. |
en_US |