dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kurang berpikir kreatif dalam
menyelesaikan masalah-masalah yang ada pada soal karena siswa dituntut untuk
menyelesaikan soal dengan satu jawaban benar dan guru jarang memberikan soal
terbuka kepada siswa. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik
dilakukan pengembangan LKPD berbasis open ended prolem. Penelitian ini
bertujuan untuk untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis open
ended problem pada materi pecahan kelas III SD Negeri 060849 Medan Barat
dengan kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Waktu
penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2023 – April 2023. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 060849 Medan Barat. Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa hasil rata-rata
validasi ahli materi sebesar 4,8, hasil rata-rata ahli media sebesar 4,9, dan hasil rata rata ahli bahasa sebesar 4,9. Berdasarkan hasil rata-rata validasi dari ahli materi,
ahli media, dan ahli bahasa sehingga diperoleh rata-rata sebesar 4,8 tergolong dalam
kriteria valid. Persentase angket respon guru sebesar 92% (sangat praktis) dan
angket respon siswa sebesar 85,2% (sangat baik). Dengan demikian, LKPD
berbasis open ended problem pada materi pecahan kelas III memenuhi kriteria valid
dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. |
en_US |