Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DECISION MAKING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV UPT SDN 060890 MEDAN POLONIA

Show simple item record

dc.contributor.author DIAN, FITRIANI
dc.date.accessioned 2023-06-14T03:07:32Z
dc.date.available 2023-06-14T03:07:32Z
dc.date.issued 2023-02-08
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20698
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui keterampilan menulis siswa kelas IV UPT SDN 060890 Medan Polonia sebelum menggunakan model pembelajaran decision making, (2) Mengetahui keterampilan menulis siswa kelas IV UPT SDN 060890 Medan Polonia sesudah menggunakan model pembelajaran decision making, (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran decision making terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV UPT SDN 060890 Medan Polonia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan kelompok one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SDN 060890 Medan Polonia yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh yang dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian : (1) Sebelum menggunakan model pembelajaran decision making bahwa nilai rata-rata siswa masih rendah yaitu 56,18, dan nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran decision making adalah 70, (2) Sesudah menggunakan model pembelajaran decision making nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 82,54, dan nilai tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan model pembelajaran decision making adalah 92, (3) Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t (Paired Sample T Test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 ≤ 0,05 maka dapat dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis data tersebut data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran decision making terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV UPT SDN 060890 Medan Polonia. en_US
dc.subject Decision Making en_US
dc.subject Keterampilan Menulis en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DECISION MAKING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV UPT SDN 060890 MEDAN POLONIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account