Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1)Apakah ada pengaruh model
pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa SMK-BM Sinar Husni Medan? (2)Berapakah persen
pengaruh pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK-BM Sinar Husni
Medan? Penelitian ini bertujuan : (1)Untuk mengetahui apakah ada pengaruh
model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa SMK-BM Sinar Husni Medan? (2) Untuk
mengetahui berapakah persen pengaruh pengaruh model pembelajaran Missouri
Mathematics Project terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
SMK-BM Sinar Husni Medan? Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas Eksperimen sebagai kelas XI-AKL2
dan kelas kontrol sebagai kelas
XI-AKL1
di SMK-BM Sinar Husni Medan yang berjumlah 20 orang kelas
Eksperimen serta kelas Kontrol yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan dua kelas.
Instrument penelitian ini menggunakan essay tes tentang Matriks. Teknik
penggumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest).
Teknis analisis data menggunakan uji normalitas. Uji hipotesis digunakan untuk
uji t dan uji determinan dan hasil penelitian menggunakan uji-t sampel tidak
berpasangan menggunakan SPSS 22 yang menghasilkan signifikansi 0,000 > 0,05,
sehingga terbukti bahwa diterima ditolak. Dan hasil uji determinan yang
dilakukan diperoleh sebesar 11,98%.