Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa kelas eksperimen yang diajarkan melalui model
pembelajaran Lightening The Learning Climate lebih efektif dari pada siswa kelas
kontrol yang diajarkan melalui model pembelajaran diskusi dan untuk mengetahui
apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa
kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Lightening The Learning
Climate pada siswa kelas VIII SMP YPK Medan. Populasi dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas VIII SMP YPK Medan. Desain penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen yang dilakukan pada dua kelompok peserta didik yang
memiliki kemampuan setara dengan model pembelajaran yang berbeda. Dari enam
kelas dipilih sampel secara acak sebagai kelas eksperimen yang diterapkan dengan
menggunakan model pembelajaran Lightening The Learning Climate dan kelas
kontrol yang diterapkan model pembelajaran diskusi. Data hasil penelitian
digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang
telah dilaksanakan di kelas VIII SMP YPK Medan model pembelajaran Lightening
The Learning Climate lebih efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa pada materi lingkaran dari pada menggunakan model
pembelajaran diskusi, dan dari data yang diperoleh melalui uji gain bahwa hasil dari
kelas eksperimen dengan memanfaatkan model pembelajaran Lightening The
Learning Climate mendapatkan peningkatan 57%, dengan kesimpulan bahwa
model pembelajaran quantum cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa SMP YPK Medan.