Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh yang signifikan antara motivasi
menghindari riba, pengetahuan produk dan religius terhadap keputusan menjadi nasabah
BPRS Prima. Pendekatan penelitian dengan metode kuantitatif dijelaskan dengan model
analisis regresi linier berganda. Sumber data primer diperoleh dengan menyebarkan
kuesioner kepada responden sebagai sampel sebanyak 75 pelanggan. Teknik sampling
nonprobability dengan cara incidental sampling. Hasil penelitian adalah sebagai berikut:
(1) Model estimasi menunjukkan nilai R2 sebesaar 0,210 yang merupakan nilai koefisien
determinasi. Artinya, 21% variasi variable dependen mampu dijelaskan oleh variable
independen dalam model ini. Sisanya 79% model dijelaskan oleh sebab-sebab lain yang
tidak termasuk dalam model ini; 2) Model regresi pada variable independen secara
simultan mempengaruhi variable dependen, sehingga model regresi variable independen
dapat digunakan untuk memprediksi variable dependen; dan (3) Penelitian ini
menghasilkan output sesuai hipotesis bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara
motivasi menghindari riba, pengetahuan produk dan religius terhadap keputusan menjadi
nasabah BPRS Gebu Prima.