Abstract:
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh digitalisasi perbankan melalui self service technology
berupa : Automatic teller machine, Internet Banking dan Mobile Banking terhadap
kepuasan nasabah pengguna layanan digital bank syariah. Jenis penelitian pada
skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dan data yang digunakan berupa jenis data
primer. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah pengguna
layanan digital bank syariah yaitu berjumlah 1.280 nasabah, dan teknik
pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin dengan n=305. Teknik
analisis data dengan uji deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis
regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Proses pengolahan data menggunakan
program SPSS versi 22.0. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : (1) Estimasi
model menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,560. Hal ini bermakna bahwa
56% variabel bebas dalam model ini mempengaruhi variabel terikat. Sisanya
sebesar 44% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model ini; (2) Regresi model
menunjukkan bahwa variabel X1 yaitu automatic teller machine berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y); variabel X2 yaitu internet banking
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y); dan variabel X3 yaitu
mobile banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y).