dc.description.abstract |
Adapun yang menjadi rumusan dalam masalah ini adalah bagaimanakah
Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI
SMA Ar-Rahman Tahun Pembelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini, untuk
mengetahui Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa
Kelas XI SMA Ar-Rahman Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Ar-Rahman. Adapun populasi penelitian ini berjumlah 63
siswa yang terdiri dari 2 kelas XI, sedangkan sampel yang diambil dalam
penelitian ini adalah siswa dari kelas XI-1 yang berjumlah 30 siswa. Data yang
diambil menggunakan angket skla likert yang berjumlah 20 item yang kemudian
diuji validitas sehingga mendapatkan 19 item pernyataan untuk menjaring data
Layanan Informasi (Variabel X) dan 12 item pernyataan untuk menjaring data
Kemandirian Belajar Siswa (Variabel Y). Berdasarkan hasil penelitian maka
diperoleh hasil perhitungan koefisien korelasi rhitung = 0,8011 dan rtabel = 0,361 jadi
rhitung >rtabel (0,8011>0,361) dari hal tersebut menunjukkan bahwa adanya Pengaruh
Layanan Informasi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Berdasarkan nilai
determinasi r
2
di peroleh nilai sebesar 0.6471 hal ini menunjukkan Kemandirian
Siswa sebesar 18,98% ditentukan oleh pengaruh kegiatan estrakurikuler pramuka
sedangkan sisanya 64,71% dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini diperoleh thitung= 7,1363, sedangkan
ttabel dengan α = 5% dengan dk 30-2 = 28 diperoleh nilai sebesar 2,042. Dengan
demikian thitung >ttabel (7,1363>2,042) sehingga terbukti secara signifikan terdapat
Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI
SMA Ar-Rahman Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018, maka Ha diterima dan
H0 ditolak. |
en_US |