Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran
audio visual berbasis aplikasi canva pada materi aritmatika sosial yang difokuskan
pada tingkat SMP terutama kelas VII Mtss Al-Washliyah. Tujuan penelitian ini
yaitu untuk menciptakan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva
berbentuk video pembelajaran pada materi aritmatika sosial. Selain itu, untuk
mengetahui kelayakan terhadap video pembelajaran berbasis aplikasi canva pada
materi aritmatika sosial, serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap
video pembelajaran berbasis aplikasi canva pada materi aritmatika sosial. Model
pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan
ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Pada tahap Implementation peneliti membatasi uji
coba dalam skala kecil dengan jumlah 10 orang peserta didik. Hasil dalam
penelitian ini memperoleh nilai sebesar 96,25% ahli materi menyatakan sangat
valid, 91,25% ahli media menyatakan sangat valid, 97,4% peserta didik
menyatakan tertarik yang artinya pengembangan media pembelajaran audio visual
berbasis aplikasi canva pada materi aritmatika sosial ini layak menjadi bahan atau
media pembelajaran.