Abstract:
Di Indonesia, kapal tipe catamaran umumnya difungsikan sebagai kapal
penumpang karena memiliki kestabilan yang tinggi. Maka dari itu rumusan
masalah yang dapat dibahas pada penelitian tugas akhir ini adalah bagaimana cara
mendesai kapal High Speed Support Vessel (HSSV) Catamaran Menggunakan
Software Solidworks Serta Simulasi Resistence pada lambung Kapal. Dengan
demikian penulis ingin menggunakan model lambung kapal catamaran untuk
digunakan pada kapal dengan kecepatann tinggi karena dengan adanya double
lambung kapal dapat melaju dengan cepat dan stabil. Software solidworks
merupakan software komputer yang berfungsi untuk mendesain kapal high speed
support vessel (HSSV) catamaran. Software solidwork digunakan untuk
menentukan bentuk dan ukuran. Hasil pembuatan layout awal menggunakan
Sofware Maxsurf, dan pembuatan rancangan garis kapal catamaran menggunakan
sofware AutoCad. Gambar line plan kapal yang terdiri dari sheer plan, bodi plan,
dan halt-breadth plan yang disempurnakan. Setelah dilakungan desain dan
simulasi bodi kapal catamaran, maka didapat hasil design kapal High Speed
Support Vessel (HSSV) Catamaran. Ukuran utama Design High Speed Support
Vessel (HSSV) Catamaran yaitu Panjang Keseluruan (Loa) 375,00 mm, Lebar (B)
250,00 mm, Tinggi (H) 172,00 mm dan Sarat 49,98 mm. Perhitungan hambatan
pada lambung Desain High Speed Support Vessel (HSSV) Catamaran pada
pengujian dengan kecepatan 10 kN mendapat nilai Holtrop Resistance 1,3 kN dan
Power kW 6,811 kW. Dari kecepatan 7 sampai 10 knots dihasilkan tahanan pada
bodi Design High Speed Support Vessel (HSSV) Catamaran sebesar Holtrop
4,428 kW dan Speed 8,500 kN.