Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi edukasi
terhadap minat mahasiswa melakukan investasi di pasar modal syariah studi kasus
Galeri Investasi Syariah FAI UMSU. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah
71 orang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan
pendekatan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi investasi
pasar modal syariah memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa hal ini
ditunjukkan dengan hasil uji t hitng sebesar 4,481 lebih besar dari t tabel 1,993 dan
siginifikasinya sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikasi 0,05. Hal ini menunjukkan
bahwa sosialisasi berpengaruh terhadap minat mahasiswa, edukasi berpengaruh
juga terhadap minat mahaswa dalam melakukan investasi di pasar modal syariah
GIS FAI UMSU. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 5,467 lebih
besar dari t tabel 1,993 dan signifikasinya sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikasi
0,05. Sosialisasi dan edukasi pasar modal syariah memiliki pengaruh terhadap
minat mahasiswa melakukan investasi di pasar modal syariah hal ini ditunjjukkan
dari hasil nilai uji f hitung sebesar 40,756 lebih besar dari f tabel 3,13 dan
signifikasinya sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikasi 0,05. Sosialisasi dan
edukasi mempengaruhi minat mahasiswa 54,5% dilihat dari hasil uji r square
menunjukkan 0,545 atau 0,545 X 100= 54,5% mempengaruhi minat mahasiswa
melakukan investasi di pasar modal syariah.