dc.description.abstract |
UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003 adalah usaha sadar dan terencana untuk
mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang
diperlukan dirinya dan masyarakat.(Rizqi, 2014:120) merumuskan perencanaan karier
adalah “sebagai proses yang dilewati sebelum melakukan pemilihan karier.Proses ini
memuat tiga aspek penting yaitu pengetahuan dan pemahaman terhadap diri pribadi,
pengetahuan dan pemahaman terhadap pekerjaan, serta penggunaan pemikiran yang
benar antara diri pribadi dan dunia kerja.”Adapun tujuan penelitian kali adalah untuk
mengetahui efektivitas layanan informasi bimbingan karir melalui pendekatan kognitif
terhadap perencanaan karir sisiwa di SMK Mandiri, untuk mengetahui peningkatan
perencanaan karir siswa di SMK Mandiri terhadap layanan informasi, bimbingan
karir,untuk mengethaui betapa pentingnya kesadaran karir pada siswa di SMK Mandiri.
Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan metode penelitian Quantitativ yang di
mana peneliti menggunakan 2 kelompok yaitu kelpmpok eksperiment dan kelompok
kontrol, kelompok eksperimen yaitu kelas XI TKJ-1dan kjelompok kontrol yaitu kelas
XI TKJ-3. Adapun hasil yang dapat di bandingkan yaitu pada kelompok eksperiment
sesudah di berikannya layanan informasi dan pemberian angket sesudah (posttest) nilai
meningkatkan perencanaan karir meningkat, begitu pun jika dengan kelompok kontrol. |
en_US |