dc.description.abstract |
Layanan Informasi adalah suatu layanan yang diberikan kepada siswa yang
bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang berbagai hal yang diperlukan
siswa dalam menentukan arah suatu tujuan. Pengertian layanan informasi dalam
penelitian ini adalah layanan yang diberikan kepada siswa yang bertujuan untuk
memberikan pemahaman tentang konsep diri yang diperlukan siswa dalam
mengembangkan dan meningkatkan konsep dirinya. Kebudayaan suku bangsa,
artinya sama dengan budaya lokal atau budaya daerah, sedangkan kebudayaan
umum lokal bergantung pada aspek ruang, biasanya pada ruang perkotaan ketika
berbagai budaya lokal atau daerah yang dibawa oleh setiap pendatang, akan tetapi
ada budaya dominan yang berkembang, yaitu budaya lokal yang ada di kota atau
tempat tertentu, sedangkan kebudayaan nasional adalah akumulasi dari
kebudayaan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan
Informasi Terhadap Perbedaan Suku dan Budaya Siswa Kelas XI Teknik Sepeda
Motor (TSM) SMK Swasta Muhammadiyah 9 Medan Tahun Ajaran 2017/ 2018.
Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 79 siswa, sedangkan yang menjadi
sampel sebanyak 35 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling
Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket yang diuji validitas dan
reliabilitas terlebih dahulu, dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan
Product Moment. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa hasil r = 0,431.
Harga r hitung tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga r tabel. Untuk
taraf signifikan 5% dan n = 35, maka r tabel = 0,325 dan r hitung = 0,431. Hal ini
dapat disimpulkan bahwa r hitung ≥ r tabel (0,431 ≥ 0,325) yang berarti ada
pengaruh layanan informasi terhadap perbedaan suku dan budaya siswa. Dan
untuk mengetahui taraf signifikan maka melalui uji t. Berdasarkan perhitungan
tersebut diperoleh harga t hitung = 3,034 dengan taraf signifikan nyata = 0,05
dk = n-2 = 35-2 = 33. Selanjutnya Ha diterima jika t hitung ≥ t tabel. Bedasarkan t
tabel = 2,035 dapat dilihat bahwa t hitung ≥ t tabel (3,034 ≥ 2,035). Maka dapat
disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini diterima. |
en_US |