dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk, menumbuhkan rasa percaya diri siswa kelas XI
MAN 1 Padang Lawas Plus Keterampilan dan Riset maka sampel dalam
penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI IIS 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif yaitu menemukan pembuktian atau pengujian secara ilmiah dengan
berlandaskan pada teori-teori dan hipotesis. Sedangkan sifatnya adalah dampak
dari penelitian tersebut, yaitu mencari pengaruh antara variabel satu dengan
variabel yang lain. Instrumen penelitian ini adalah instrumen angket dengan
model skala Likert. Hasil uji reliabilitas instrumen kepercayaan diri siswa sebesar
0.807 . Data penelitian dianalisis menggunakan rumus Wilcoxon Signed rank
test.Temuan penelitian memperlihatkan bahwa dengan analisis hasis eksperimen
yang diperoleh dari tampilan luaran SPSS model summary 26.00 menunjukkan
besarnya hasil uji hipotesis melalui analisis wilcoxon diperoleh = 1,826 dan z
tabel = 0,4678 sehingga diperoleh hasil > (1,826 > 0,4678) dengan koefisien
korelasi 0,4678 yang menunjukkan adanya pengaruh yang positif signifikan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh pendekatan behavioristik
dalam konseling individual terhadap kepercayaan diri siswa kelas XI MAN 1
Padang Lawas Plus Keterampilan dan Riset Tahun Ajaran 2021/2022. |
en_US |