dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesejahteraan, budaya sekolah dan
disiplin kerja terhadap komitmen guru dikdasmen daerah muhammadiyah kota medan.
penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, yaitu dengan penelitian lapangan
dengan menggunakan kajian ilmiah para pakar ilmuan. adapun populasi dalam penelitian ini
berjumlah 115 orang, metode penelitian. Data pada penelitian ini adalah data primer. Data
yang dikumpulkan dengan menggunakan angket. Metode analisa menggunakan model regresi
linear berganda untuk menguji hipotesis secara simultan menggunakan Uji F dan secara parsial
dengan menggunakan Uji t. Hasil pengujian dengan menggunakan SPSS diperoleh persamaan
regresi dengan menggunakan output komputer diatas diperoleh persamaan regresi berganda
sebagai berikut: konstanta sebesar 0,05; koefisien kesejahteraan (X1) sebesar 9,115; koefisien
budaya sekolah (X2) sebesar 7,825, dan koefisien disiplin kerja (X3) sebesar 8,158; koefisien
komitmen guru (Y) sebesar 8,158 Dengan demikian persamaan garis regresinya adalah Y =
0,05 + 0,496X1 + 0,610X2 + 0,388X3. Jika variabel bebas meningkat 1 % maka komitmen guru
akan meningkat. Hasil hipotesis uji thitung 0,7315 dengan probabilitas signifikan 0.000 lebih
kecil dari tingkat keyakinan (level of significant) α = 0.05, variabel penelitian adalah
kesejahteraan diperoleh dengan uji tHitung 7,288 dengan probalilitas 0.000 lebih kecil dari
tingkat lebih kecil dari tingkat keyakinan (level of significant) α = 0.05. variabel budaya
sekolah diperoleh dengan uji thitumg 8,384 dengan probalilitas 0.000 lebih kecil dari tingkat
keyakinan (level of significant) α = 0.05. Variabel disiplin kerja diperoleh dengan uji thitumg
7,530 dengan probalilitas 0.000 lebih kecil dari tingkat keyakinan (level of significant) α =
0.05. Maka keputusan yang diambil adalah menolak H0 dan meneriman Ha artinya
kesejahteraan, budaya sekolah, disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap
komitmen guru dikdasmen daerah muhammadiyah kota medan. |
en_US |