dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Kepala Sekolah
dalam pengembangan kompetensi profesional guru di SMK Kesehatan
Wirahusada Medan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif .
pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara , observasi , dan
dokumentasi .Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pengumpulan data (data colection ) , Reduksi data (data Reduction) , dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang dapat digunakan untuk
mengembangkan kompetensi profesional guru dalam menjalankan tugasnya
yakni melalui program In Service Training. 2) Strategi kepemimpinan kepala
sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru di SMK Kesehatan
Wirahusada Medan yang pertama strategi formal yakni guru diarahkan oleh
lembaga mengikuti pendidikan dan latihan, strategi kedua yakni nonformal guru
dengan keinginan dan motivasi yang kuat harus dapat melatih dan
mengembangkan potensi yang berkaitan dengan profesi keguruan yang
dimilikinya. 3)Beberapa kendala dalam pengembangan profesional guru
adalah:a.Kurangnya minat guru secara mandiri untuk menciptakan kreatifitas dan
inovasi baru dalam pembelajaran dikarenakan guru kurang menguasai
model,metode maupun strategi pembelajaran.
b.Beberapa guru berlatar belakang pendidikan nonkeguruan sehingga kemampuan
memahami psikologis dan pedagogik masih tergolong rendah.
c.Sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti tidak lengkapnya bahan
untuk praktik siswa jurusan farmasi dan keperawatan. |
en_US |