dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi dan mendapatkan data
tentang pola komunikasi interpersonal pegawai Bank BTN (Persero) cabang Medan
dalam meningkatkan klancaran pembayaran angsuran KPR BTN bersubsidi. Dalam
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif langsung kelapangan yakni dengan
melakukan wawancara, observasi dan studi dokumentasi guna memperoleh data yang
dibutuhkan. Sedangkan pendekatan teori yang dipergunakan adalah teori pola
komunikasi dan akomodasi komunikasi. Peneliti berusaha untuk menggambarkan dan
mendeskripsikan fakta, sehingga dapat digambarkan bagaimana pola komunikasi
yang dilakukan oleh pegawai Bank BTN (Persero) Cabang Medan terkait dengan
pembayaran angsuran KPR Bersubsidi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola
komunikasi interpersonal pegawai Bank BTN (Persero) cabang Medan terkait
pembayaran angsuran KPR BTN bersubsidi sudah bagus sesuai dengan SOP dimulai
dari melakukan pengecekan dengan melihat data base dan mengecek ID yang telah
terdaftar di bagian administrasi dan dokumentasi untuk melihat keberadaan para
debitur tersebut, lalu menghubungi melalui via telephon/ sms setelah itu tim
lapangan pergi menuju ke lokasi tempat debitur berada sesuai data yang diterima
tentang alamat para debitur tersebut dengan menggunakan sistem zonasi/ mapping
wilayah setelah sampai di lokasi tim lapangan bertugas mendata ulang dan
memberikan pembinaan langsung terkait dengan KPR BTN Bersubsidi. Dari kegiatan
tersebut terjadi komunikasi secara langsung dengan baik dan sangat efektif sehingga
terjalin komunikasi yang baik dan terus berjalan setiap bulannya antara pihak
pegawai PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Persero Tbk Cabang Medan dengan
debitur sehingga pegawai bisa melakukan pendekatan lebih intens dengan debiturnya.
Namun kelancaran pembayaran angsuran KPR Bersubsidi belum begitu meningkat
secara signifikan, karena ada beberapa debitur yang tidak dapat melunasi pinjaman
sesuai dengan waktu yang di sepakati. Padahal pihak Bank Tabungan Negara (BTN)
Persero Tbk Cabang Medan telah memberikan margin ringan seperti cicilan bunga
KPR yang relatif rendah dan juga memberikan jangka waktu pembayaran lebih lama
yakni selama 30 tahun sehingga dengan kebijakan itu, dapat mengurangi sedikit
beban debitur, dan mempermudah para pegawai bank untuk melakukan penagihan
dengan adanya jangka waktu tersebut. |
en_US |